Peluang Di Balik Krisis Pertahanan Manchester United

Musim ini pertahanan Manchester United menjadi salah satu yang terbaik di lima liga top Eropa. Dengan rataan kebobolan 0.7 United menepati posisi tiga sebagai tim dengan pertahanan terbaik. Namun, United harus menerima pil pahit setelah salah satu pemain kunci bertahan MU musim ini Marcus Rojo cidera saat laga menjamu Anderlecth dalam anjutan babak perempat final Europa League. Tentu menjadi sebuah pukulan telak mengingat Smalling dan Jones dikabarkan juga cidera dan kurang menyakinkan untuk ditampilkan dalam laga setan merah berikutnya melawan Burnley.

Manchester United sendiri sebenarnya memiliki beberapa pemain yang dapat dijadikan sebagai pemain bek tengah seperti Daley Blind dan Michael Carrick tapi performa kedua pemain saat mencadi bek tengah kurang begitu meyakinkan. Contohnya Daley Blind kala mengganti Rojo dalam laga sebelumnya terasa pertahanan MU begitu rawan dan tidak dapat memberikan rasa aman sehingga memberikan kesempatan Anderlecth mencetak gol melalui Hanni.

Krisis lini pertahanan United bukan hal yang harus terus diratapi. Ini merupakan tantangan bagi MU dan krisis seperti inilah menjadi sebuah berkah bagi pemain muda setan merah untuk bersinar seperti kala United memainkan Rashford pertama kalinya dikarenakan striker United kala itu Martial tiba-tiba mengalami cidera. Bukan hal mustahil untuk kedua pemain ini tampil bagi tim utama United setelah musim ini Mou bagai berubah ketika mempercayai pemain muda untuk bermain di tim utama.

fosu-mensah
Timothy Fosu-Mensah melakukan debut bersama MU musim lalu

Timothy Fosu-Mensah dan Axel Tuanzebe merupakan dua pemain yang dapat menjadi alternatif Mou untuk mengsisi kekosongan di posisi bek tengah. Cideranya beberapa pemain belakang United memang sesuatu yang terkadan menjadi sebuah berkah bagi pemain muda untuk mendapat menit bermain di tim utama.

Fosu-Mensah merupakan pemain muda yang bukan nama baru bagi tim utama United setelah sudah beberapa kali Fosu menjadi pemain pengganti kadang diposisikan sebagai bek kanan. Fosu-Mensah saat masih bermain sebagai pemain muda merupakan pemain gelandang bertahan dan kadang menjadi bek tengah. Musim ini Fosu sudah bermain bagi tim utama United sebanyak 9 kali dengan 8 kali sebagai pemain pengganti.

Timothy-Fosu-Mensah
Fosu-Mensah telah mengantongi 9 penampilan musim ini disemua kompetisi

Fosu-Mensah yang saat ini berumur  19 tahun dapat menjadi opsi Mou di lini belakang United. Pemain ini memiliki kelebihan dimana dia memiliki keberanian untuk melakukan duel dengan pemain lawan dan sebagai bek Fosu memiliki kecepatan. Namun, Fosu juga memiliki sedikit kelemahan dimana Fosu harus lebih berhati-hati ketika melakukan tekel.

PA-24641382
Axel Tuanzebe mengkapteni tim akademi di thaun pertamabnya dan pernah menjadi pemain akademi terbaik

Pemain muda lainya yang pantas diberikan kesempatan oleh Mou adalah Axel Tuanzebe. Pemain berumur 19 tahun ini sudah bermain untuk tim muda United sejak 2013 dan telah mencicipi bermain bersama Inggris U-19 dan U-20. Tuanzebe sebenarnya sudah diberikan debutnya bagi United musim ini.

Tuanzebe merupakan pemain belakang yang dikatakan memiliki kekuatan dan kecepatan selain itu Axel dideskripsikan memiliki permainan percampuran antara Eric Bally dan Javi Martinez lantaran kemampuannya mengolah bola. Mou sendiri mengakui bahwa Tuanzebe memiliki potensial. Hal serupa juga diungkapkan oleh mantan pelatih akademi MU Paul McGuinness dimana dia memilih Axel sebagai kapten tim akademi di tahun pertamanya.

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s